Berwisata Buah di Kebun Buah Mangunan

Berwisata dengan keluarga tentunya akan menjadi hal yang sangat menyenangkan. Apalagi berwisata ke kebun buah dan bertepatan dengan musim panen buah, sehingga dapat memanen buah -buahan yang ada bersama anggota keluarga. Di Yogyakarta , di daerah Mangunan Bantul ada satu tempat rekreasi yang menarik untuk dikunjungi yaitu Kebun Buah Mangunan.

Kebun Buah yang terletak di Dusun Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta ini dibangun oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Bantul pada tahun 2003, di kawasan perbukitan di kaki pegunungan seribu.

Di kawasan kebun buah Mangunan ini banyak terdapat beberapa jenis tanaman buah seperti buah mangga, rambutan, belimbing, durian, jambu, dan sebagainya. Namun tidak semua buah ada diwaktu yang sama karena ada beberapa tanaman buah yang hanya berbuah saat musimnya.

Selain mempunyai berbagai macam tanaman buah, di kebun buah Mangunan juga terdapat wisata lain yang tidak kalah menarik, yaitu gardu pandang di puncak bukit. Dari puncak bukit pengunjung dapat menikmati keindahan alam pegunungan Sewu (seribu). Pemandangan yang diberikan pun berbeda setiap musimnya. Jika pada musim hujan pengunjung dapat melihat pegunungan Sewu yang didominasi warna hijau karena pohon -pohon yang sedang bersemi. Sedangkan di musim kemarau terlihat pegunungan Sewu yang didominasi pohon- pohon yang kering. Dua kondisi kondisi pemandangan yang berbeda yang juga memberikan nuansa berbeda dari puncak kebun buah Mangunan.

Semua objek tersebut merupakan unggulan di Kebun Buah Mangunan, namun yang banyak dicari oleh pengunjung adalah keindahan alamnya. Karena dari atas puncak kebun buah Mangunan ini disuguhkan pemandangan deretan gunung menjulang di bawah langit biru dengan lekukan sungai Oyo sebagai garisnya. Sehingga semakin menambah decak kagum akan keindahan alam dari Sang Maha Pencipta ini.

Disini para traveler yang hobi wisata alam bisa mengambil foto- foto dengan pemandangan alam yang ada di puncak Kebun Buah Mangunan untuk memenuhi beranda instagram, twitter, facebook, path, dan media sosial lainnya. Hal tersebut dapat membuat kebun Buah Mangunan semakin populer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *