Katanya Bakmi Mbah Mo adalah Bakmi Jawa Terenak

Jika sedang berkunjung di Jogja jangan lupa untuk menyempatkan waktu untuk berwisata kuliner. Mulai dari Gudeg, Soto, hingga Bakmi Jawa. Banyak warung bakmi tersebar di daerah Jogja. Namun salah satu warung bakmi yang sudah melegenda sejak tahun 1986 di daerah Jogja adalah Warung Bakmi Mbah Mo.

Bakmi Jawa Terenak

Boleh sepakat boleh tidak Warung Bakmi yang terletak di Desa Code, Bantul ini adalah Bakmi Jawa terenak yang pernah ada. Perpaduan semua bahan dan bumbu yang digunakan ini menghadirkan rasa yang berbeda dari warung bakmi Jawa lainnya. Penampilannya pun juga berbeda dari bakmi Jawa kebanyakan yang ada, bakmi goreng yang disajikan ini terlihat lebih kesat, tidak berminyak ataupun basah, dilengkapi dengan suwiran daging ayam kampung dan bulir bulir kecil telur.

Bakmi godog atau bakmi rebusnya pun juga berbeda. Kuah bakmi yang terlihat creamy seperti menggunakan santan. Tapi sesungguhnya kuah yang kental tersebut merupakan hasil perpaduan dari bumbu, kuah kaldu, dan telur bebek. Tingkat kematangan bakminya pun pas. Meskipun bakminya tidak menggunakan kecap dan warnanya terlihat pucat tetapi penampilannya tetap menggoda. Rasa asin gurih yang ada dan berbeda dengan bakmi pada umumnya mempunyai cita rasa yang lebih manis karena menggunakan kecap dan tentu membuat banyak orang ingin mencicipinya.

Bumbu dan Cara masak Bakmi Mbah Mo

Bumbu yang digunakan memang sama dengan bakmi Jawa lainnya. Namun pemilihan dalam penggunaan ayam kampung dan telur bebek memberikan cita rasa yang berbeda dan lebih istimewa. Untuk bahan mienya Bakmi Mbah Mo menggunakan mie telur, yang bentukknya nyaris sama dengan mie instan. Dan bahan tambahan lainnya yaitu kol, daun bawang, seledri, dan tentunya bawang merah goreng.

Proses memasak yang masih menggunakan anglo dengan bahan bakarnya arang pun juga turut andil memberikan sentuhan khas pada Bakmi Mbah Mo. Tiap pesanannya dimasak satu per satu, sehingga cita rasanya masih terkontrol. Konsekuensinya, pembeli harus rela menunggu pesanan lumayan lama apabila antriannya sedang banyak.

Keistimewaan lainnya yaitu keramahan Pak Mulidi dan karyawannya dalam melayani para pembeli. Yang mana mereka tak segan untuk menyapa para pembeli lebih dulu. Dengan keramahan juga akan membuat para tamu lebih nyaman dalam berkunjung.

Nah gimana travelers? Sudah tergiur dengan cerita tentang bakmi Mbah Mo? Daripada cuman ngeces aja, mending langsung aja cobain bakmi Mbah Mo saat ada di Yogyakarta.

Travels with Wisata di Jogja!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *