Mari Ber-Gudeg Ria di kota Yogyakarta!

Apabila kita mampir ke Yogyakarta, tentu kita akan tidak lepas dengan suatu makanan khas yang namanya Gudeg. Gudeg dikenal sebagai makanan khas asli dari Yogyakarta, hal ini pula yang membuat Jogja juga disebut sebagai Kota Gudeg.

Apa itu Gudeg

Gudeg sendiri merupakan masakan yang terbuat dari nangka yang direbus dengan santan selama berjam-jam. Dengan penambahan berbagai bumbu yang diracik dengan bumbu yang telah diwariskan secara turun temurun, membuat masakan khas Yogyakarta ini menjadi terasa manis dan enak. Rasa manis yang khas ini sesuai dengan selera masyarakat Jawa yang umumnya doyan dengan rasa manis.

Penyajian dalam hidangan masakan Gudeg biasanya disajikan dengan nasi putih yang lalu dilengkapi dengan lauk pauk seperti ayam rebus, telur rebus, tahu atau tempe, dan sambal goreng krecek. Macam masakannya pun ada dua jenis, yaitu Gudeg kering dan Gudeg basah. Gudeg kering ini sama sekali tidak berkuah, sedangkan Gudeg basah cenderung lebih berkuah (biasanya dengan santan atau ditambahkan areh di atasnya). Kedua macam Gudeg ini mempunyai cita rasa yang khas dari masing-masing rasanya.

Warung-Warung Gudeg di Jogja

Di Jogja banyak sekali warung yang menjajakan makanan khas ini.Salah satu tempat untuk wisata Gudeg adalah kampung Wijilan. Kampung Wijilan ini dikenal sebagai sentra gudeg karena di sepanjang jalan Wijilan pengunjung bisa menemui berbagai penjual yang menjual Gudeg dan melayani pembelinya di dalam warung-warung yang berjejer-jejer. Lokasi jalan Wijilan ini ada di sebelah timur alun-alun utara Keraton kota Yogyakarta. Sekitar 10 menit dari Malioboro dengan berjalan kaki.

Banyak orang datang ke Wijilan karena penasaran dengan Gudeg asli Jogja. Karena cita rasa warung gudeg yang lain belum bisa mewakili rasa Gudeg yang asli. Harga Gudeg di Wijilan relatif lebih mahal dibanding dengan Gudeg yang dijual di tempat lainnya, karena Gudeg yang ada di Wijilan merupakan asal tempat gudeg Jogja sebenarnya di mana masakan Gudeg-nya dibuat dengan metode dan budaya yang turun temurun dan telah ada sejak zaman dahulu, misalnya dengan masak menggunakan arang atau kayu bakar sehingga cita rasa yang dihasilkan sangat khas.

Salah satu Gudeg Wijilan yang menjadi rekomendasi kami adalah Gudeg Bu Widodo yang info menu dan harga-harganya bisa anda lihat di sini. Selain warung Gudeg yang berada di Wijilan, Beberapa Warung Gudeg rekomendasi dari tim kami adalah: Gudeg Bu Djuminten, Gudeg Yu Djum, dan Gudeg Bu Hj. Amad. Anda juga bisa menemui Gudeg Basah yang nikmat yang dijual di Pasar Pujokusuman di sekitaran Jalan Brigjen Katamso Yogyakarta (tepatnya di belakang bank Mandiri Katamso) — psst.. Gudeg Pasar Pujokusuman ini termasuk yang jadi favorit kami loo..

Bagaimana travelers? Apakah anda sudah tergiur dengan cerita nikmatnya Gudeg ini? Jangan lupa ya bila ke Jogja mampir dan nikmati Gudeg di warung Gudeg rekomendasi kami.

Travel with Wisata di Jogja!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *