Mendaki Gunung Api Purba Nglanggeran

Yogyakarta memang terkenal dengan banyak wisata alamnya. Salah satu kawasan yang menjadi incaran para traveler yang hobi wisata alam adalah kawasan Gunungkidul. Banyak tempat wisata baru yang bermunculan mulai dari pantai, goa, air terjun, gunung hingga suguhan keindahan alam lainnya ada di daerah Gunungkidul. Tak sedikit diantara wisata alam itu tergolong ekstrim. Hal ini tidak membuat tempat tersebut sepi pengunjung, justru banyak yang penasaran. Saat ini salah satu tempat wisata yang sedang populer yaitu Gunung Api Nglanggeran.

Gunung yang terletak di desa Nglanggeran Kec. Patuk, Gunung Kidul, Yogyakarta ini termasuk gunung api purba. Gunung purba ini pernah aktif puluhan juta tahun yang lalu dan terbentuk dari karst serta kapur. Tidak membutuhkan waktu berjam-jam bahkan berhari-hari untuk sampai ke puncak Gunung Api Purba Nglanggeran ini. Cukup dengan mendaki sekitar 1.5 jam saja sudah bisa mencapai puncaknya. Tempat ini juga menjadi salah satu tempat favorit untuk melakukan camping, karena jalur pendakian yang tidak terlalu rumit dan hanya membutuhkan waktu yang relatif singkat. Dan tepat dibawah puncak Gunung Nglanggeran terdapat area camping yang bisa digunakan pendaki untuk mendirikan tenda dan juga terdapat beberapa gardu pandang yang bisa digunakan untuk istirahat.

Pendaki akan disuguhi oleh indahya pemandangan malam Gunung Kidul yang berkelap-kelip jika melakukan pendakian pada malam hari. Meskipun jalur pendakian ke puncak Nglanggeran ini tidak terlalu rumit namun harus membawa perlengkapan yang cukup terutama senter. Karena disana ada track berupa bebatuan besar. Dan untuk memudahkan pendakian di batu-batu tersebut telah dipasangi tali serta anak tangga. Terdapat pula track sempit yang diapit dua batu raksasa. Pendaki harus berhati-hati saat melewati track tersebut.

Naiklah ke atas bukit-bukit batu raksasa itu, suguhan pemandangan yang mempesona akan terlihat didepan. Banyak bukit batu menjulang dengan hamparan hijau dibawahnya jika melihat dari atas bukit batu raksasa. Ada Gunung Buchu, Gunung Gedhe, dan Gunung 5 Jari menyapa kita dalam kemegahan alam ciptaan Tuhan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *