Mengenal Pantai Parangtritis yang terkenal

Siapa yang tak kenal dengan Pantai Parangtritis? Nama pantai yang melegenda di sudut selatan kawasan Yogyakarta ini memang menjadi salah satu objek wisata yang wajib dikunjungi bagi siapapun yang berkunjung di kota Gudeg ini.

Ada apa di Pantai Parantritis

Pantai Parangtritis yang terkenal dan ramai dikunjungi wisatawan ini terletak di Kecamatan Kretek Kota Bantul berjarak kurang lebih 28 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Dan termasuk wilayah Samudra Hindia.

Suguhan pemandangan pantai yang menawan dengan udara sejuk ada di objek Pantai Parangtritis ini. Di sini juga terdapat gumuk pasir yaitu gunungan pasir pantai. Penduduk lokal banyak yang menyewakan beberapa fasilitas seperti kuda, andong mini, dan ATV yang dapat digunakan wisatawan untuk berkeliling pantai dari timur ke barat yang disewakan dengan harga yang cukup terjangkau. Waktu yang tepat untuk berkunjung ke Pantai Parangtritis yaitu pada sore hari karena dengan berkunjung di sore hari anda bisa menikmati keindahan matahari terbenam (sunset) dengan pemandangan perbukitan disekitar pantai.

Objek wisata ini juga terkenal sebagai tempat olah raga aeromodeling atau olah raga udara. Namun saat berenang kita harus hati- hati karena ombak di Pantai Parangtritis ini cukup besar. Di sekitaran pantai Parangtritis ini juga terdapat banyak warung yang menyediakan berbagai makanan khas Jogja dan Bantul . Disini para pengunjung bisa menghabiskan waktu dengan menikmati indahnya pemandangan pantai sambil mencicipi berbagai macam makanan yang ada.

Di Pantai Parangtritis juga ada cerita mistisnya

Pantai Parangtritis juga menyimpan cerita mistis, yaitu pantai ini dikenal sebagai tempat tinggal Ratu Pantai Selatan yaitu Ratu Nyi Roro Kidul. Pada bulan Suro Keraton selalu menggelar upacara adat yang dikhususkan untuk Ratu Nyi Roro Kidul ini. Yaitu dengan memberikan sesajenan atau persembahan bagi sang Ratu. Ada juga yang menjadikan hal tersebut sebagai kebiasaan bagi penduduk kota Yogyakarta atau bahkan dari luar kota untuk melihat dan ikut memberikan sesajenan agar mendapatkan berkah di Pantai Parangtritis.

Bila dibandingkan dengan Pantai-Pantai lain yang terletak di daerah Gunung Kidul, pantai Parangtritis merupakan pantai yang sudah terlalu banyak terjamah oleh wisatawan. Hal ini mengakibatkan banyaknya warung-warung dan bisnis lokal yang menjamur di sekitarnya, sehingga keindahan pantai tidak seasri dengan pantai-pantai yang terletak di Gunung Kidul.

Terlepas dari itu semua Pantai Parangtritis merupakan a must seen travel object untuk dikunjungi saat anda di Yogyakarta. So travelers, jangan lewatkan pantai Parangtritis saat anda berada di Yogyakarta ya!

Travels with Wisata di Jogja!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *