Mengintip Kerajinan Kulit di Desa Wisata Manding

Yogyakarta memang dikenal sebagai pusat berbagai kerajinan dan kesenian. Salah satu desa yang menjadi pusat kerajinan tersebut yaitu di Desa Wisata Manding. Banyak kerajinan kulit dalam bentuk berbagai aksesoris ada di sini. Ketika mengunjungi Desa Wisata Manding anda akan dengan mudah menemui berbagai toko yang menjual kerajinan kulit. Dari mulai dompet kulit, tas kulit, sepatu kulit, sepatu kulit, sandal kulit, dan jaket kulit, dapat ditemui disini.

Sejarah Desa Wisata Manding

Kerajinan kulit di Desa Wisata Manding yang terletak di Jl. Parangtritis Km. 11, Dusun Manding, Desa Sabdodadi, Kecamatan Bantul, Yogyakarta ini sudah secara turun temurun mengolah berbagai kerajinan kulit ini. Sejarahnya berawal pada tahun 1947 ada 3 pemuda dari desa Manding yaitu Prapto Sudarmo, Wardi Utomo dan Ratno Suharjo. Mulanya mereka bekerja di perusahaan kulit yang memproduksi pakaian, dan pada akhirnya mereka mendirikan usaha sendiri. Hingga saat ini Desa Wisata manding terdata mempunyai tidak kurang dari sekitar 100 pengrajin kulit, hebatnya mereka bahkan bisa melakukan ekspor ke beberapa negara.

Pada tahun 1970an hingga tahun 1980an kerajinan kulit Manding ini pernah berjaya. Meskipun saat ini sudah tidak sejaya dulu tapi masih menjadi sentra desa wisata kerajinan kulit di Kabupaten Bantul Yogyakarta.

Berbelanja di Desa Manding

Sekitar 40 deretan showroom ada di kawasan desa Wisata Manding ini. Showroom- showroom tersebut menjual berbagai produk kerajinan dengan memberdayakan warga sekitar menjadi pekerjanya. Pelayanannya pun sangat memuaskan dan dapat kita bilang cukup maksimal karena setiap showroom sudah memiliki banyak karyawan. Selain buka dari pagi hingga malam hari, jarak satu showroom dengan showroom lainnya pun juga cukup berdekatan sehingga pengunjung dapat mengunjungi semua showroom hanya dengan berjalan kaki.

Kebanyakan produk kerajinan desa Manding ini terbuat dari kulit sapi yang masih diproduksi secara rumahan. Saat membeli berbagai kerajinan dari desa Manding ini pun kita dapat menawar harganya dengan lebih murah lagi. Karena harganya yang lebih murah dibandingkan produk serupa yang dijual di mall atau pusat perbelanjaan membuat kawasan desa Wisata Manding ini banyak diburu para wisatawan yang ingin membeli produk kerajinan kulit. Selain itu keistimewaan lainnya yaitu tingkat kualitasnya yang bagus sehingga produknya bisa awet. Bahkan pembeli pun juga bisa memesan produk sesuai dengan keinginan.

Nah bagi kamu travelers yang senang dengan kerajinan kulit, tentu Desa Wisata Manding ini dapat menjadi spot wajib untuk dikunjungi saat kamu berada di Yogyakarta.

Travels with Wisata di Jogja !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *