Menikmati Pemandangan Bukit Hijau dari Desa Wisata Kalibiru

Saat sedang jenuh dengan suasana keramaian pasti kita ingin melakukan salah satu kegiatan yang menyenangkan. Menikmati pemandangan alam adalah salah satu yang sering ingin dilakukan oleh kebanyakan orang saat sedang jenuh ataupun bosan. Bagi para traveller pasti sudah tidak asing lagi dengan wisata alam yang ada di Yogyakarta ini, yaitu Desa Wisata Kalibiru. Sesuai dengan namanya, pasti kebanyakan orang beranggapan bahwa tempat wisata ini menyuguhkan pemandangan sungai yang berwarna biru. Namun anggapan tersebut salah, Desa Wisata Kalibiru yang tepatnya terletak di  Hargowilis, yang berada di Kokap, di daerah Kulon Progo ini menyajikan pemandangan alam dengan latar bukit atau pegunungan hijau.

Butuh sekitar 1.5 jam dari pusat kota Yogyakarta untuk sampai ke tempat ini. Tak perlu khawatir, meskipun tempat ini jauh dari kota tetapi banyak papan arah yang menjamin anda tidak akan tersesat. Juga dibutuhkan nyali yang lebih untuk mulai mendaki jalan raya menuju desa wisata ini karena ketinggiannya.

Berawal dari tahun 2008 lalu, warga mendapat ijin untuk menghijaukan kembali hutan yang dulu kerontang dan tandus ini. Beberapa tahun kemudian Kalibiru berubah menjadi desa yang asri, dengan bangunan yang dibuat dengan kayu dan materi yang tidak merusak alam. Desa wisata yang berketinggian 450 mdpl ini memberikan berderet pesona alam, dari atas bakal terlihat garis pantai selatan dan waduk Sermo yang tenang dengan hutan di sekelilingnya.

Banyak fasilitas tersedia di desa wisata ini, mulai dari parkir yang luas, pendopo tempat berkumpul rombongan, camping ground, warung makan, hingga homestay ada disana. Jika datang ke desa wsiata ini jangan lupa menikmati pemandangan menakjubkan dari menara pandang yang ada di salah satu sudut desa. Papan pandang yang menjadi favorit para wisatawan ini memberikan panorama hutan dan waduk Sermo yang menyejukkan hati untuk siapapun yang menatapnya.

Sederet fasilitas olah raga menantang juga ada di Desa Wisata Kalibiru, mulai dari flying fox, sampai jembatan tali dengan pemandangan alam di bawahnya. Suasana hutan juga bisa dirasakan pengunjung dengan berjalan melalui jalan setapak. Beragam fauna yang jarang kita jumpai juga hidup di hutan ini seperti elang Jawa, ayam alas, landak bahkan juga harus hati-hati karena masih ada Harimau Jawa. Tapi jangan khawatir, warga sudah menyiapkan tim pemandu yang menjamin pengunjung dapat menikmati desa wisatanya dengan aman,

Bukan hanya keindahan alam saja yang dimiliki oleh Kalibiru, tapi juga kehebatan para warga yang bahu membahu sejak tahun 2008 untuk menghijaukan hutannya kembali. Mulai dengan menanam ribuan pohon, membangun sendiri beberapa fasilitas wisata hingga akhirnya menjadi desa wisata yang begitu indah dan asri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *