Menjelajah alam lain di Museum De Mata Trick Eye Jogja

Banyak orang yang membayangkan hal – hal yang membosankan ketika mendengar kata “museum”. Padahal itu tidak benar. Banyak museum yang justru sangat menyenangkan dan tidak membosankan untuk dikunjungi. Salah satunya adalah De Mata Trick Eye Museum Jogja. Sesuai dengan namanya museum ini merupakan museum tiga dimensi. Museum ini memiliki ratusan gambar dan lukisan tipuan mata, yang sebagian besar nampak nyata dan seakan-akan hendak keluar dari bingkai. Ada beberapa kategori yang menjadi koleksi museum 3 dimensi ini seperti : Binatang, Super Hero, Sirkus, Tokoh, Olahraga, dan masih banyak lagi. Jadi, pengunjung pun dapat berfoto sesuai dengan minat mereka.

Lokasi De Mata Trick Eye Museum Jogja

De Mata Trick Eye Museum Jogja ini terletak di Basement Gedung Umar Kayam, di XT Square Jl. Veteran, Umbulharjo, Yogyakarta. Karena letaknya di tengah kota yang strategis, anda tentu tidak mungkin kesulitan untuk mencarinya.

De Mata Trick Eye Museum memiliki areal berbentuk labirin dengan luas sekitar 1600 meter. Jadi, dibutuhkan waktu yang relatif lama untuk melihat semua koleksi museum. Apalagi pengunjung tidak bisa menahan diri untuk mengambil foto, serta mengamati satu per satu gambar dengan seksama selama beberapa menit.

Terbesar di Dunia

Menurut info yang penulis dapat, selain menjadi museum 3 dimensi yang pertama di DIY dan Jawa Tengah, Museum De Mata ini juga merupakan museum 3 dimensi terbesar di dunia. Hal ini dapat dengan mudah dibuktikan karena Museum De Mata memamerkan koleksi gambar dan lukisan 3 dimensi paling banyak.

Museum 3 dimensi serupa di negara-negara lain seperti Singapura, China, Jepang, Hongkong, dan Korea, rata -rata hanya memiliki 70 gambar dan lukisan tipuan mata yang dipamerkan. Sedangkan di De Mata Trick Eye Museum Jogja ini memamerkan 120 buah gambar dan lukisan tipuan mata yang memiliki ukuran berbeda-beda. Bahkan ada yang mempunyai ukuran sangat besar dengan panjang mencapai 5 meter.

Sebagian besar gambar dan lukisan 3 dimensi yang dipamerkan di museum De Mata Trick Eye Jogja adalah karya Petrus Kusuma. Ada juga karya yang merupakan kreasi dari para mahasiswa seni rupa ISI Yogyakarta. Jadi semua koleksi yang dipamerkan museum ini 100% made in Jogja.

So, apa anda sudah siap untuk mengunjungi museum De Mata Trick Eye yang ada di Yogyakarta ini? jangan sampai kelewatan untuk mampir ke sini bila anda sedang di Jogja ya.

Salam Wisata di Jogja!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *