Menjelajahi Eksotisme Museum Ullen Sentalu

Banyak orang yang ingin berwisata di lereng Merapi pasti karena kedamaian dan kesejukannya. Namun siapa sangka, di lereng Merapi berdiri museum yang menjadi museum terbaik Indonesia pilihan wisatawan di website Trip Advisor. Museum yang terletak di Jalan Boyong, Kaliurang ini bernama Museum Ullen Sentalu.

Tentang Museum Ullen Sentalu

Museum ini menyimpan koleksi mengenai budaya Jawa peninggalan Kerajaan Mataram. Sayangnya, museum ini belum banyak dikenal masyarakat, bahkan warga Yogyakarta pun pasti banyak yang belum pernah mendengar nama museum ini. Padahal museum ini sudah diresmikan sejak tahun 1997.

Sebagai museum terbaik, tentu pelayanan dan tata kelola di museum ini terbilang prima. Setiap pengunjung yang datang pasti akan dipandu oleh seorang pemandu berpengalaman yang akan menjelaskan secara rinci isi dari museum. Karena setiap koleksi yang ada di museum ini tidak diberi label seperti museum lainnya. Jadi musem Ullen Sentalu ini lebih mengandalkan tour guide, karena mendengarkan penjelasan tentunya lebih menarik daripada membaca sendiri label pada koleksi museum.

Eksotisme Ruangan di Museum Ullen Sentalu

Pertama kali kita datang ke Museum Ullen Sentalu, kita akan dibawa memasuki bangunan yang terkesan sebagai kastil yang eksotis. Kita dibawa masuk ke bangunan bawah tanah dan dipandu oleh tour guide yang sangat informatif. Sepanjang perjalanan di dalam museum, kita akan dibawa ke ruangan-ruangan dan areal-areal eksotis yang beraneka ragam dan didesain dengan sangat baik. Di sini kita bisa melihat berbagai koleksi peninggalan kerajaan Mataram dimulai dari Lukisan, batik, hingga peralatan-peralatan perang.

Koleksi museum ini terbagi dalam beberapa ruang. Ruang Selamat datang yang digunakan untuk menyambut tamu, Ruang Seni Tari dan Gamelan yang digunakan untuk menyimpan gamelan yang dihibahkan oleh seorang dari Kasultanan Yogyakarta, Ruang Guwa Sela Giri ruangan bawah tanah yang memamerkan karya-karya lukis dokumentasi tokoh-tokoh dari Dinasti Mataram, Ruang Syair yang menampilkan syair-syair yang ditulis oleh para kerabat GRAj Koes Sapariyam pada tahun 1939-1947. Royal Room Ratu Mas, yaitu ruangan yang dipersembahakan untuk permaisuri Sunan Paku Buwana X, Ruang Batik Vorstendlanden dan Ruang Batik Pesisiran yang menampilkan koleksi batik, Ruang Putri Dambaan yang berisi koleksi foto pribadi putri tunggal Mangkunegara VII dari kecil hingga menikah, dan Sasana Sekar Bawana yang berisi beberapa lukisan Raja Mataram.

Selain menikmati isi dari museum pengunjung juga bisa menikmati indahnya hutan alami dan taman yang ada disana dengan udara sejuk yang berkisar antara 15 – 25 derajat celcius dan cocok untuk bersantai karena tempatnya yang berada di pegunungan.

Bagaimana travelers? Ingin menikmati eksotis dan indahnya museum Ullen Sentalu ini? Kami sarankan jangan lewatkan kunjungan ke museum ini saat anda berada di Yogyakarta.

Travels with Wisata di Jogja!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *